Cara Merubah Keyboard HP

Keyboard atau papan ketik adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetik. Huruf, angka, simbol, dan kombinasi huruf dan angka terdapat di dalam keyboard.

Pengguna smartphone pasti membutuhkan keyboard untuk berbagai hal. Misalnya, mengetik pesan whatsapp, mengetik sms ke teman atau keluarga, menjelajah internet, membuat status di medsos dan aktivitas dunia maya lainnya.

Selain keyboard atau papan ketik yang sudah ada dari pertama kali beli hp, ternyata kita juga bisa mengganti keyboard setelan pabrik ke keyboard lain yang menurut kita lebih bagus.

Ada banyak sekali aplikasi keyboard yang memiliki tampilan dan fitur unggulan di play store. Sebagai contoh, keyboard yang memiliki tema yang keren, cool, solid, dan nyaman saat digunakan mengetik.

Ada keyboard yang memiliki keunggulan tambahan seperti ringan, tampilan simple tapi menarik, tombol shortcut atau pintasan dan banyak fitur lainnya yang gak kalah menarik.

Setelah mengetahuinya, apakah kamu tertarik untuk mencoba sendiri berbagai macam keyboard yang sesuai denagan seleramu. Kamu bisa mendownlaod aplikasi keyboard di Google Play Store atau App Store. Sebagai referensi tambahan, anda dapat melihat artikel tentang 10 Rekomendasi Aplikasi Keyboard Untuk Android.

    cara merubah keyboard android

    Mungkin anda belum tau, berbagai brand smartphone android menggunakan keyboard yang berbeda-beda sesuai dengan kemauan mereka. Tetapi, umumnya cara untuk mengganti atau mengubah keyboard pada android bisa dikatakan sama.

    Kalaupun terdapat perbedaan saat merubah keyboard, perbedaan itu tidak signifikan. Jika panduan dibawah ini belum bisa menyelesaikan masalah mengganti keyboard anda, silahkan tanyakan di kolom komentar.

    1. Buka setelan atau pengaturan di hp android
    2. Cari menu Sistem > Bahasa & masukan
    3. Pilih Opsi keyboard default
    4. Kemudian pilih keyboard yang ingin digunakan
    5. Untuk mencoba keyboard, cari aplikasi catatan atau aplikasi dimana keyboard akan muncul, kemudian mulai mengetik sesuatu

    Jika cara diatas tidak berfungsi di hp androidmu. Coba lakukan dengan cara menggunakan pintasan yang terdapat di bagian bawah keyboard (cari ikon keyboard).

    Lihat gambar dibawah ini jika anda tidak dapat menemukannya.

    cara merubah keyboard iphone

    Ada bebrapa alasan pengguna iphone ingin mengganti atau beralih ke keyboard lainnya. Misalnya seperti ingin mengubah tema dan tampilan dari keyboard itu sendiri.

    Bisa juga karena ingin beralih menggunakan Magic Keyboard karena fitur Trackpad, mekanisme keyboard baru, desain melayang, USB-C Passthrough dan fitur unggulan lainnya.

    Mungkin alasan anda ingin beralih dari keyboard bawaan iphone ke keyboard lainnya berbeda dengan apa yang saya sebutkan tadi. Apapun alasannya tujuan dari pembahasan ini sama, yaitu agar beralih dari keyboard bawaan ke keyboard lain.

    Ikuti panduan ini dengan teliti dan jika ada yang kurang jelas, anda bisa menanyakannya di kolom komentar.

    1. Buka aplikasi catatan atau aplikasi apapun untuk mengetik teks
    2. Klik dan tahan ikon gambar 😀 atau
    3. Kemudian pilih keyboard yang sebelumnya sudah di download di App Store. Keyboard tersebut akan menjadi keyboard utama anda (jika anda ingin mengubahnya kembali menggunakan keyboard bawaan iphone, anda hanya perlu melakukan hal yang sama

    cara mengembalikan keyboard seperti semula

    Terkadang keyboard yang kita gunakan mengalami beberapa masalah. Misalnya seperti keyboard yang crash, keyboard tak berfungsi, keyboard yang terhenti atau berhenti sendiri, keyboard lemot saat dipakai mengetik dan masalah-masalah lainnya.

    Masalah seperti itu terkadang muncul, terutama untuk hp dengan spek low atau spek rendah karena sulit atau tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi tertentu.

    Jika keyboard yang digunakan bermasalah, anda dapat mencoba beberapa cara yang saya jelaskan dibawah ini:

    hapus data aplikasi keyboard

    Hal pertama yang dapat dicoba jika keyboard mengalami crash, sering berhenti sendiri, lemot dan masalah lainnya adalah dengan cara menghapus semua data aplikasi keyboard bawaan.

    1. Pergi ke pengaturan atau setelan hp
    2. Buka Aplikasi & notifikasi. Jika tidak ada cari menu Kelola aplikasi
    3. Cari aplikasi keyboard yang anda gunakan (cara mengetahui nama aplikasi keyboard bawaan adalah dengan cara membuka pengaturan keyboard. Biasanya saat keyboard muncul, ada ikon atau logo berbentuk gear/gir (⚙). Jika tidak ada, coba cari di Pengaturan hp > Sistem > Bahasa & masukan > cari keyboard atau Opsi keyboard default)
    4. Setelah dapat nama aplikasi keyboard bawaan. Klik aplikasinya > klik Penyimpanan > Hapus Data atau Hapus Penyimpanan (jika ada notifikasi popup silahkan klik OKE atau klik YES atau klik YA)

    lakukan update aplikasi keyboard

    Jika cara pertama masih belum menyelesaikan masalah yang terdapat dikeyboardmu. Lakukan update aplikasi keyboard (baca cara pertama untuk mengetahui nama keyboard yang ada pada hpmu).

    Pergi ke Google Play Store > cari nama aplikasi keyboardmu > klik Update dan tunggu proses sampai selsesai. Jika keyboard tidak ditemukan, alternatifnya adalah dengan mencari aplikasi keyboard bawaan versi terbaru di mesin pencari google atau mesin pencari lainnya.

    beralih ke keyboard lain

    Jika kedua cara diatas masih tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada di keyboard hpmu. Langkah terakhir yang bisa saya sarankan adalah dengan cara mengunduh aplikasi keyboard lainnya yang dapat ditemukan Google Play Store.

    Untuk hp low spek atau hp android dengan spek rendah, saya sarankan download aplikasi Simple Keyboard atau aplikasi Gboard di Google Play Store.

    No comments:

    Post a Comment