10 Rekomendasi Aplikasi Keyboard Untuk Android

sumber foto: unsplash.com

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard. Iya kan?

Alat bantu yang selalu digunakan untuk mengetik teks ini, dapat kita temukan di semua ponsel pintar atau perangkat desktop. Di android, iphone, tablet, bahkan perangkat desktop seperti laptop dan komputer, pasti menggunakan keyboard untuk mengetik teks atau melakukan hal yang serupa.

Karena alat bantu ini sangat penting untuk semua perangkat yang kita miliki. Kita pasti membutuhkan keyboard yang nyaman bagi kita bukan?

Mulai dari tampilan, fitur utama dan tambahan, keyboard yang ringan dan aspek lainnya, harus terdapat di sebuah keyboard yang layak dan dikategorikan sebagai keyboard yang bagus.

Kali ini, saya akan membagikan 10 rekomendasi keyboard untuk android terbaik yang dapat dijadikan sebagai keyboard utama. Sebelumnya, perlu anda ketahui, informasi yang saya ketik disini berdasarkan pengalaman pribadi saat mencoba berbagai keyboard. Jadi, jika terdapat ketidaksingkronan dan kurangnya informasi yang saya sampaikan dengan apa yang anda ketahui. Saya harap anda dapat memakluminya.

Selamat membaca ᕕ( ᐛ )ᕗ

    Ai.type

    Sekilas, saat saya melihat keyboard ini di google play store, keyboard ini terlihat biasa-biasa saja. Bahkan saya melihat seperti keyboard yang kurang niat dalam pembuatannya.

    Saya akui, penting sekali mencoba sebelum menilai. Karena sesuatu tidak dapat dinilai hanya dari tampilannya saja bukan?

    Setelah beberapa hari mencoba menggunakan keyboard ini, saya akan menjabarkan beberapa keunggulan dan kekurangan keyboard ini. Keunggulan atau kelebihan dari keyboard ai.type ini terletak pada aplikasi yang ringan, dan terdapat banyak sekali fitur-fitur yang menurut saya sangat berguna saat digunakan untuk mengetik atau mengedit teks.

    Beberapa fitur yang sangat berguna seperti kustomisasi ukuran keyboard hanya dengan menggunakan tombol khusus (), emoji, gif, tema keyboard yang dapat di ganti-ganti.

    Terdapat juga fitur lainnya yang sangat penting dan berguna seperti kalkulator massa, kalkulator perhitungan, fitur pencarian yang akan langsung menyambung ke browser, shortcut yang dapat diatur sesuai kebutuhan (misalnya kata sk bgt nanti jadi kata "suka banget").

    Terdapat juga fitur pintasan pada setiap huruf, angka, dan beberapa simbol. Fitur yang paling menonjol adalah fitur touchpad yang bisa diganti-ganti dari swipe ke tombol.

    Tidak lengkap jika saya tidak memberikan apa saja kekurangan dari keyboard ini. Hal yang cukup mengganggu adalah adanya iklan di keyboard. Walaupun iklan tersebut tidak terlalu mengganggu dan tidak sering muncul, tetap saja kadang iklan terklik secara tidak disengaja.

    Kekurangan lainnya yaitu kurang nyaman saat digunakan mengetik dengan cepat. Terkadang saat mengetik teks saat bermain game online, huruf yang diklik sering tidak tepat. Berbeda dengan keyboard dari Google (Gboard) yang menurut saya sangat nyaman digunakan mengetik dengan cepat.

    Jika tertarik silahkan mencobanya secara langsung dan jelajahi sendiri setiap fitur yang terdapat di keyboard ai.type ini.

    Download Ai.type Keyboard di Google Play Store

    AnySoftKeyboard

    Seperti namanya, AnySoftKeyboard yang bisa diartikan sebagai keyboard yang lembut/lunak. Mungkin developer atau pembuat aplikasi ini ingin menyampaikan pesan kalau aplikasi ini lembut/lunak saat digunakan mengetik.

    Saya belum tau pasti arti dari penamaannya. Keyboard ini sedikit berbeda dari segi desain keyboardnya. Misalnya letak tombol ganti huruf ke angka yang berada di atas keyboard dan tombol simbol dan emoji yang berada di bagian kiri bawah keyboard.

    Mungkin bagi anda yang baru saja mendownload aplikasi anysoftkeyboard ini merasa desain yang dibawakan unik dan berbeda. Memang cukup berbeda dari segi penataan dan desain.

    Tetapi perlu anda ketahui, saat saya beberapa kali menggunakan keyboard ini untuk mengetik, saya merasa sangat kesusahan dari segi penataan tombol. Karena posisi tombol yang kurang bagus digunakan mengetik dan juga saat di mode angka dan simbol, cukup ribet untuk kembali ke mode hurufnya.

    Kekurangan lainnya adalah adanya ruang atau jarak dibagian bawah keyboard yang terkadang cukup menggangu menyia-nyiakan tempat yang seharusnya dapat di isi tombol tertentu.

    Kekurangan lainnya adalah fitur suggest yang sering sekali muncul karena kata yang ingin di ketik dengan kata yang keluar saat menekan tombol spasi berbeda. Solusinya adalah dengan menonaktifkannya di pengaturan aplikasi anysoftkeyboard.

    Sebenarnya masih ada beberapa kekurangan yang tidak bisa saya jelaskan semuanya. Tetapi dibalik banyak kekurangan yang saya sebutkan tadi. Keyboard ini termasuk dalam daftar rekomendasi saya KARENA sangat lancar, ringan, dan enak dipakai mengetik teks yang panjang.

    Silahkan anda nilai sendiri keyboard ini. Menurut saya keyboard ini layak untuk dipertimbangkan. Anda dapat mendownloadnya di Google Play Store dan mencobanya sendiri.

    Penilaian saya diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saat mengetik menggunakan anysoftkeyboard ini dan kesimpulannya bagus dengan syarat sudah terbiasa dengan tata letak dan posisi tombol yang cukup berbeda dibandingkan keyboard lainnya.

    Download AnySoftKeyboard di Google Play Store

    Gboard

    Tiba saatnya untuk membahas keyboard favorit saya. Google keyboard atau Gboard adalah keyboard yang saya gunakan sehari-hari menemani berbagai aktivitas di ponsel android.

    Ada beberapa alasan yang membuat saya menjadikan keyboard ini spesial. Beberapa alasan tersebut seperti aplikasi yang ringan dan cepat saat digunakan untuk mengetik atau mengedit teks, serta tampilan yang bersih dan simpel (tidak membingungkan pengguna awam).

    Terdapat juga fitur yang sangat saya perlukan sehari-hari seperti fitur clipboard atau papan klip dan fitur search atau penelusuran. Dengan menggunakan fitur search, kita bisa mencari sesuatu informasi secara langsung, hanya menggunakan keyboard. Sayangnya fitur ini dihilangkan diversi Gboard yang terbaru.

    Terdapat dua fitur yang sangat keren dan bermanfaat. Fitur tersebut adalah fitur Google translate dan fitur pen-dikte suara yang nantinya akan diubah menjadi teks yang sesuai dengan apa yang kita ucapkan.

    Fitur Google Translate, menerjemahkan berbagai bahasa ke bahasa lainnya. Fitur ini akan langsung mengetik teks yang sudah diterjemahan ke kursor ponsel android kita. Saya merasa sangat terbantu berkat fitur ini, karena saya dapat menulis teks dalam bahasa inggris menggunakan fitur translate ini.

    Fitur dikte tentunya juga tidak kalah menarik, kita bisa mengucapkan kata apapun yang nantinya akan langsung diterjemahkan menjadi teks yang sesuai. Saya dapat mempercepat proses mengetik dan menyelesaikannya 3 kali lebih cepat dibandingkan mengetik menggunakan tangan. Tentu saja anda harus berlatih agar dapat dengan rapi dan cepat dalam mengucapkan dan merangkai kata-kata yang muncul dipikiran.

    Terkadang ada kondisi dimana kita harus menggunakan satu tangan untuk mengetik teks. Jika kita mengetik menggunakan satu tangan, tentu akan sangat sulit menjangkau tombol-tombol tertentu. Nah, menggunakan keyboard google (Gboard) ini, masalah itu dapat diatasi.

    Terdapat fitur yang bernama "satu tangan" yang akan memungkinkan kita mengetik hanya dengan satu tangan saja. Apalagi jika ditambah dengan fitur mode mengambang, yang dapat membuat keyboard dipindah-dindahkan sesuai kemauan kita. Anda bisa menemukan fitur-fitur yang sudah saya sebutkan diatas di ···

    Selain fitur yang sangat menarik, kita juga dapat mengkustom atau memodifikasi tampilan keyboard. Misalnya mengubah warna background keyboard menjadi warna yang kita inginkan, atau menggunakan foto sebagai background keyboard.

    Selain karena fitur-fiturnya, saya merasa sangat nyaman mengetik menggunakan keyboard Google ini. Pengalaman saya mengetik menggunakan keyboard ini sangat memuaskan, saya rasa keyboard ini nomor satu soal kenyamanan saat mengetik.

    Download Google Keyboard (Gboard) di Google Play Store

    Fleksy

    Berbeda dengan keyboard sebelumnya, keyboard ini memiliki tampilan yang lebih bersih, simpel dan dengan ukuran font atau huruf yang sedikit lebih besar.

    Keyboard ini juga memiliki fitur suggest dengan animasi yang keren. Selain itu, terdapat fitur lainnya yang cukup berguna seperti fitur pintasan pencarian video youtube, video pendek yang bisa anda gunakan untuk mengirimkan ucapan selamat pada hari-hari tertentu.

    Kita dapat menambahkan dan mengurangi aplikasi pintasan yang tersedia di keyboard fleksy ini. Selain itu, kita juga bisa mengatur ukuran huruf dan keyboard menjadi ukuran kecil, ukuran sedang (ukuran default atau bawaannya), dan ukuran besar.

    Sesuaikan ukuran keyboard yang nyaman dipakai untuk mengetik. Kita juga dapat mengkustom atau memodifikasi keyboard. Misalnya memberikan jarak atau ruang kosong dibagian bawah dan bagian samping kanan dan kiri keyboard.

    Mengatur jenis font, gestur, bahasa, suara dan vibrasi saat mengetik dan terdapat juga fitur suggest yang dapat belajar dengan sendiri seiring kita gunakan mengetik kata tertentu. Ini dapat belajar kata-kata yang sering kita gunakan saat mengetik.

    Tentu saja dibalik kelebihan atau keunggulan yang tadi sudah saya sampaikan, menurut pengalaman penggunaan pribadi selama menggunakan keyboard ini, terdapat beberapa kekurangan yang menurut saya cukup menurunkan minat saya menggunakan keyboard ini.

    Beberapa kekurangan tersebut seperti huruf yang terlalu berdekatan satu sama lainnya alias jarak antar huruf kurang lebar yang saat saya gunakan mengetik cepat, terkadang masih terpencet huruf yang tidak sesuai karena jarak yang cukup berdekatan itu.

    Selain itu, tombol untuk menghapus yang terlalu kecil. Saya sering kesusahan saat ingin mengeklik tombol ini. Terdapat juga, beberapa fitur yang otomatis aktif yang menurut saya malah mengganggu saat saya mengetik dengan cepat.

    Misalnya fitur auto correction (mengkoreksi kata yang sudah ditulis ke kata lain), double space period (auto memberikan titik atau koma saat mengklik spasi dua kali) dan fitur lainnya.

    Tentu saja, untuk mengatasinya kita hanya perlu menonaktifkannya di pengaturan keyboard. Tetapi itu merupakan hal yang cukup merepotkan dikerjakan oleh orang awam seperti saya.

    Setelah pembahasan yang panjang lebar ini. Kesimpulan yang dapat saya berikan adalah keyboard ini layak dan masuk dalam daftar rekomendasi saya. Jika anda merasa tidak cocok, silahkan coba keyboard lainnya yang saya rekomendasikan di artikel ini.

    Download Fleksy Keyboard di Google Play Store

    Grammarly

    Jika dilihat sekilas, keyboard ini bukanlah keyboard yang memiliki fitur berlimpah atau tema yang keren. Namun, keyboard ini memiliki fitur yang sangat dibutuhkan bagi translator, penulis, atau orang yang menggunakan bahasa inggris untuk hal tertentu. Fitur tersebut adalah fitur pengkoreksi tata bahasa inggris.

    Keyboard ini memiliki saran atau prediksi dari kata yang akan diketik dan memperbaiki kata yang salah dalam pengejaannya. Selain itu, kita juga dapat mengubah dan memodifikasi warna background keyboard dan menambahkan foto kustom dari galeri hp.

    Selain pengejaan dalam bahasa inggris, tersedia juga tata bahasa dalam bahasa lainnya seperti bahasa lokal (indonesia, jawa, dll) atau bahasa internasional (jerman, prancis, spanyol, rusia, dll). Hampir semua bahasa yang kita ketahui, dapat digunakan di keyboard ini.

    Dari segi tampilan, keyboard ini memiliki tampilan yang simpel, bersih, dan yang paling saya suka adalah jarak atau ruang dari setiap hurufnya cukup lebar. Saya sendiri merasa nyaman menggunakan keyboard ini untuk mengetik teks yang panjang.

    Download Grammarly Keyboard di Google Play Store

    Minuum

    Saat pertama kali mencoba keyboard Minuum ini, saya merasa sangat terbantu karena dari awal penyetingan atau pengaturan awal keyboard sudah di bantu dengan panduan yang cukup mudah karena menggunakan animasi kartun.

    Pengalaman mengetik saat menggunakan keyboard ini juga sangat baik. Saya tidak merasa kesulitan ataupun merasa salah pencet huruf seperti keyboard yang sebelum-sebelumnya.

    Terdapat beberapa fitur yang menurut saya cukup membantu dalam menulis teks atau pesan. Fitur tersebut adalah fitur sloppy typing dan fitur prediksi/suggest. Fitur sloppy akan memperbaiki teks yang salah ejaan dalam bahasa yang sudah kita atur.

    Sebagai contoh, saya menulis "when" tetapi pengejaan-nya yang malah saya ketik adalah "whan". Keyboard akan otomatis memperbaiki kata tersebut.menjadi "when". Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini di bagian kiri atas keyboard (ikon terlihat seperti tombol switch on/off).

    Kita bisa menginstall bahasa lainnya yang nanti akan digunakan untuk fitur sloppy ini. Pergi ke pengaturan keyboard minuum > Language & layout > pilih dan klik bahasa yang ingin di install. > setelah selesai, aktifkan bahasa pada menu Active language.

    Selain fitur sloppy typing, fitur prediksi atau fitur suggest di keyboard minuum ini sedikit berbeda dari kebanyakan keyboard lainnya. Biasanya keyboard lainnya hanya akan memberikan beberapa prediksi kata yang terlihat cocok. Tetapi di keyboard ini selain memberikan prediksi kata, keyboard ini juga akan memberikan prediksi emoji bergambar yang terlihat cocok dengan kata yang kita ketik.

    Tentu saja ada juga beberapa kekurangan keyboard ini, misalnya kita harus mengaktifkan fitur lowercase atau fitur huruf kecil. Karena sejak awal, keyboard ini sudah langsung menggunakan huruf kapital semua pada tampilan huruf di keyboard. Jadi saya tidak bisa membedakan mana saat saya menggunakan huruf besar/kapital dan mana saat menggunakan huruf kecil.

    Kekurangan lainnya adalah kita tidak dapat menggunakan foto sebagai background keyboard dan beberapa fitur masih terkunci karena harus mengupgrade atau membayar untuk dapat membuka fitur tersebut.

    Silahkan dicoba terlebih dahulu, karena saya merekomendasikan keyboard ini walaupun menggunakan versi gratisnya (sudah sangat cukup).

    Donwload Minuum Keyboard di Google Play Store

    Microsoft SwiftKey

    Sebagai salah satu aplikasi pembawa nama brand atau perusahaan besar seperti Microsoft, tentunya ekspektasi saya cukup tinggi untuk aplikasi keyboard ini. Tentu, kita sudah tidak asing lagi dengan produk atau barang yang dikeluarkan microsoft, salah satunya adalah OS atau sistem operasi windows.

    Keyboard Microsoft SwiftKey ini adalah salah satu aplikasi buatan microsoft yang khusus dibuat untuk pengguna smartphone android. Walaupun kenyataannya tidak setinggi ekspektasi saya, tetapi keyboard ini sudah termasuk ke dalam rekomendasi keyboard yang saya sarankan untuk digunakan.

    Ada beberapa keunggulan yang membuat saya merekomendasikan keyboard microsoft swiftkey ini. Diantaranya adalah keyboard ini memiliki tema yang cukup banyak yang masing-masing tema memiliki tampilan yang menarik.

    Kita juga bisa mengkustom sendiri, tampilan background keyboard menjadi warna yang kita inginkan atau menjadikan foto menjadi background keyboard.

    Terdapat juga banyak fitur yang sangat bermanfaat seperti fitur clipboard atau papan klip yang memiliki fitur tambahan yaitu dapat berbagi teks yang sudah disalin dari satu perangkat ke perangkat lain dengan syarat perangkat yang lain juga terhubung dengan akun microsoft yang sama dan menggunakan sistem operasi windows.

    Selain fitur clipboard, terdapat juga fitur translate yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa ke bahasa lainnya secara langsung hanya dengan menggunakan keyboard. Tetapi, sebelumnya kita harus terhubung ke koneksi internet.

    Kita juga dapat menggunakan tombol space pada keyboard sebagai touchpad yang akan bergeser ke kanan atau kekiri dengan cara menahan tombol space beberapa saat, kemudian menggesernya ke kanan atau kekiri.

    Ada satu fitur yang cukup berguna yaitu fitur to do list atau daftar tugas. Dengan menggunakan fitur to do list, kita bisa mencatat aktivitas atau rencana aktivitas yang akan kita lakukan hari ini, besok atau waktu tertentu (sesuai waktu yang kita atur di daftar tugas tersebut). Tetapi perlu anda ketahui, fitur ini akan bekerja jika sebelumnya kita sudah menginstall aplikasi Microsoft to do. Kita dapat mendownloadnya di Google Play Store.

    Sebenarnya bisa-bisa saja tidak menginstall aplikasi tambahan. Tetapi karena bug atau entah karena apa, saat saya mencoba fitur ini, saya tidak bisa menambahkan daftar tugas yang saya mau. Jadi, ini termasuk kekurangan aplikasi ini. Saya harap beberapa update kedepannya, masalah ini sudah teratasi.

    Ada juga beberapa fitur lainnya yang cukup berguna untuk situasi tertentu. Fitur tersebut adalah fitur incognito (tersembunyi), fitur ubah ukuran (kita dapat mengubah ukuran keyboard sesuai yang kita inginkan), dan fitur mode yang terbagi menjadi 4 mode. Mode pertama adalah mode lengkap (default atau bawaannya), mode kedua adalah mode satu tangan (kita dapat mengetik hanya dengan menggunakan satu tangan saja).

    Mode ketiga adalah mode apung (keyboard akan mengambang atau melayang dan dapat kita pindahkan kemana saja), dan terakhir atau yang keempat adalah mode ibu jari (kita dapat mengetik dengan lebih enak hanya dengan menggunakan ibu jari atau jempol tangan kita).

    Kesimpulannya adalah keyboard ini layak dan saya rekomendasikan untuk dipakai sehari-hari karena beragam fitur yang saya sebutkan tadi dan juga karena pengalaman mengetik yang cukup memuaskan.

    Download Microsoft Swiftkey Keyboard di Google Play Store

    OpenBoard

    Ada satu sebutan atau panggilan yang bisa saya berikan untuk keyboard ini, yaitu keyboard ringan dan simpel. Ada alasan mengapa saya memberikan nama itu, bukan nama lainnya.

    Alasan pertama adalah karena memang aplikasi ini sangat ringan dan kompetibel digunakan untuk hp android versi lawas/jadul yang memiliki penyimpanan internal yang sedikit dan CPU dengan kemampuan yang rendah.

    Alasan kedua adalah karena desain yang dibawakan keyboard openboard ini simpel dan minimalis. Selain itu, saya merasa sangat senang dengan desain keyboard yang memiliki jarak yang lebar untuk setiap huruf, simbol dan angkanya.

    Desain yang seperti ini, sangat memudahkan saya dalam mengetik cepat, tepat dan nyaman. Saya menempatkan keyboard openboard ini diposisi pertama dalam hal pengalaman mengetik. Anda bisa mencobanya sendiri dan membandingkannya dengan keyboard lainnya.

    Tentu saja, ada kekurangan yang masih bisa saya maklumi yaitu fitur prediksi kata yang kurang banyak. Untuk masalah prediksi kata, keyboard yang sebelumnya (keyboard microsoft swiftkey menduduki peringkat pertama). Kekurangan lainnya adalah keyboard ini tidak memiliki emoticon yang biasanya terdapat di keyboard.

    Saya dapat memaklumi hal itu, karena aplikasi openboard ini didesain untuk kecepatan, ringan, minimalis, dan kompetibel untuk hp android jadul/lawas. Jadi, ini tidak terlalu bermasalah bagi saya. Tetapi jika anda memutuhkan dan sering menggunakan emoticon saat chattingan dengan teman, atau keluarga, anda bisa menggunakan rekomendasi keyboard lainnya.

    Kesimpulannya adalah saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan keyboard ini dengan berbagai alasan yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Apalagi jika hp yang digunakan sangat lemot/lambat, memiliki ruang penyimpanan yang sedikit dan anda membutuhkan keyboard yang lancar dan ringan dengan desain minimalis.

    Donwload Openboard Keyboard di Google Play Store

    Typewise

    Mungkin jika keyboard ini diberikan julukan, saya pasti akan memberikan julukan keyboard yang unik. Kenapa saya memberikan julukan itu?

    Tentu saja ada alasannya, karena keyboard ini memiliki sesuatu yang tidak dimiliki keyboard lainnya. Saya beri contoh, biasanya keyboard akan selalu memiliki tombol untuk menghapus teks, ya kan?

    Di keyboard Typewise ini, tombol tersebut tidak ada! Terus gimana caranya kalau mau menghapus teks atau tulisan yang dipetik? Nah, ada caranya sendiri. Caranya adalah dengan menggeser jari kita kekiri pada bagian tombol spasi yang ada di keyboard.

    Kita juga bisa menghapus langsung sekaligus banyak. Caranya hampir mirip tapi sedikit berbeda, tahan sebentar di bagian tombol spasi, kemudian geser kekiri untuk menghapus teks secara cepat dan geser kekanan untuk mengembalikan teks yang sudah dihapus.

    Unik bukan?

    Bukan karena itu saja, saya melabelkan atau memberikan julukan keyboard yang unik. Ada alasan lainnya, selain karena tombol delete atau tombol untuk menghapus yang tidak ada di keyboard (menghapus harus menggunakan cara khusus), kita juga bisa mengubah mode keyboard menjadi sangat berbeda dari kebanyakan keyboard lainnya.

    Saya sendiri menyebutnya dengan mode sarang lebah karena bentuk tombol dan keseluruhannya membentuk sarang lebah. Kalian harus terbiasa dulu sebelum menggunakan mode sarang lebah ini.

    Keunggulan yang saya sebutkan diatas, bisa juga yang menjadikan kekurangan keyboard ini. Karena saya sendiri merasa kurang nyaman mengetik dengan tombol yang dihilangkan. Kalian bisa menilainya sendiri setelah mencoba keyboard ini.

    Kekurangan lainnya dari keyboard ini adalah keyboard ini hanya memiliki sedikit fitur, misalnya tidak adanya fitur clipboard, tampilan yang biasa saja, dan terkadang saya mendapatkan bug saat membuka aplikasi keyboardnya saat saya ingin melakukan beberapa pengaturan pada keyboard.

    Kembali lagi, saya beritahukan bahwa apa yang saya sampaikan tadi bisa saja salah, karena ini pendapat pribadi saya setelah mencoba menggunakan keyboard ini dalam jangka waktu tertentu. Mungkin ada yang suka keyboard ini karena unik, atau karena terdapat mode "Hexagon" atau mode sarang lebah atau mungkin karena alasan lainnya.

    Download Typewise Keyboard di Google Play Store

    Yandex Keyboard

    Di urutan terakhir ini, saya sangat merekomendasikan kalian untuk menggunakan keyboard ini. Saya juga akan beralih dari keyboard yang biasanya saya gunakan (google keyboard atau Gboard) ke Yandex keyboard ini.

    Ada cukup banyak alasan yang menjadikan saya beralih dari keyboard google ke yandex keyboard. Sebisa mungkin, saya akan menjelaskan secara ringkas dan jelas beberapa keunggulan dan kekurangan keyboard ini, agar kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard ini.

    Sebenarnya Google Keyboard atau Gboard sudah sangat bagus untuk digunakan sebagai keyboard utama. Tetapi, yandex keyboard lebih unggul dalam beberapa aspek dan fitur. Fitur pertama adalah fitur clipboard.

    Seperti yang sudah kita ketahui, fitur clipboard atau papan klip ini, sangatlah penting dimiliki sebuah aplikasi keyboard. Karena terkadang atau sering kali kita butuh teks yang sudah pernah disalin atau di copy, untuk digunakan kembali.

    Fitur kedua adalah fitur translate, fitur ini juga tidak kalah penting dibandingkan dengan fitur sebelumnya. Fitur ini berguna bagi orang yang sering kali menerjemahkan bahasa tertentu ke bahasa lainnya. Misalnya dari bahasa indonesia di konversi atau di terjemahkan ke bahasa inggris.

    Biasanya yang sering menggunakan fitur ini adalah translator, seorang penulis, siswa atau pelajar atau orang yang terkadang perlu menerjemahkan sesuatu untuk keperluan pribadi atau bahkan untuk keperluan kelompok/komunitas.

    Fitur ketiga ini juga cukup berguna bagi sebagian orang. Fitur tersebut adalah fitur search atau fitur pencarian. Jika kita mencoba mencari sesuatu menggunakan fitur ini, nantinya hasil pencarian akan langsung terhubung ke browser yang kita punya.

    Sayangnya saya tidak menggunakan fitur ini karena mesin pencari yang digunakan bukan dari pencarian google, melainkan menggunakan pencarian yandex. Saya mempermasalahkan ini karena jka menggunakan pencarian yandex, hasil dari apa yang kita cari akan sangat berbeda dan mungkin tidak ada. Berbeda dengan mesin pencari Google.

    Fitur berikutnya fitur speak. Fitur ini berguna untuk mengubah suara menjadi teks yang sesuai. Sayangnya fitur ini hanya mendukung bahasa inggris, dan setelah saya mencoba untuk berbicara dalam bahasa indonesia, fitur ini tidak bekerja.

    Berbeda dengan fitur dikte (fitur yang sama) dari Google keyboard atau Gboard yang bekerja dengan sangat baik dalam bahasa apapun. Jadi di yandex keyboard, ini merupakan salah satu kekurangan-nya.

    Nah, ada satu fitur yang sangat saya suka. Fitur tersebut adalah fitur "Editor panel". Kalian bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara mengklik logo yandex (ikon dengan huruf Y) yang terdapat dibagian kiri atas keyboard. Kemudian klik pengaturan (ikon bergambar gear/gir) dan aktifkan Editor panel-nya.

    Dengan Editor panel, kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan mengedit teks. Sebagai contoh, memblok seluruh teks atau sebagian teks, menyalin atau meng-copy teks, menempel atau paste teks, bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan menggunakan tombol, dan bergerak ke bagian paling depan atau bagian paling belakang dari teks.

    Selain itu, saya juga suka dengan emoticon yang sangat mudah diakses. Karena memiliki tombol khusus sendiri yang berada di bagian atas keyboard. Emoticon yang tersedia juga lengkap dan kita bisa menggunakan pencarian saat mencari emoticon tertentu.

    Sebenarnya, alasan utama saya beralih ke keyboard ini adalah karena fitur "Editor panel" yang sudah saya sebutkan tadi. Karena fitur tersebut sangat membantu saya dalam banyak aktivitas di internet.

    Kalau alasan tadi masih kurang, pengalaman mengetik selama menggunakan keyboard ini juga sangat lancar dan nyaman. Apalagi fitur suggest atau prediksi yang mendukung dan selain memberikan prediksi teks, juga memberikan prediksi emot yang sesuai.

    Jika kalian ingin mencoba dan memastikannya sendiri. Kalian bisa mendownload yandex keyboard di Google Play Store atau dengan mengklik link dibawah ini.

    Download Yandex Keyboard di Google Play Store

    No comments:

    Post a Comment