Cara Copy Paste Tulisan Blog Yang Dikunci

Apakah kalian pernah mengalami gagal menyalin atau tidak bisa men-copy teks dari suatu blog atau website?

Jika iya, kalian beruntung menemukan artikel ini!

Dulu, waktu saya masih kudet (belum terlalu mengenal teknologi), saya bingung 😕 dan tidak menemukan cara / metode yang bisa digunakan untuk menyalin teks dari website yang tidak bisa dicopy.

Memang, beberapa cara bisa bekerja, tetapi masalahnya cukup ribet / sulit untuk menggunakan cara tersebut. Apalagi, saya waktu itu masih menggunakan hp android yang terbilang jadul.

Setelah beberapa waktu dan seiring perkembangan teknologi yang pesat, pengetahuan saya akan dunia internet dan teknologi semakin meningkat. Saya akhirnya mengetahui dan menemukan metode yang pas untuk saya pakai saat menemukan blog atau website yang tulisannya tidak bisa dicopy.

Saya akan menjabarkan beberapa cara copy paste tulisan blog yang dikunci atau cara copy paste blog yang tidak bisa dicopy. Intinya, setelah kalian menggunakan metode yang saya berikan. Saya bisa menjamin kalian bisa menyalin teks di website tersebut.

Jika cara atau metode ini masih tidak bisa, silahkan tanyakan di kolom komentar ya (◕‿↼).

    cara copy paste di hp android

    Blog atau website yang diproteksi atau dikunci (teks-nya tidak dapat dicopy) adalah salah satu cara pemilik blog / web untuk melindungi artikel mereka dari para tangan-tangan jahil.

    Tentu tidak semua pengunjung blog atau web yang ingin menyalin teks dari web tersebut memiliki niat jahat. Kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk hal lain misalnya teks yang disalin digunakan sebagai pengingat, sebagai tambahan catatan, atau hal lainnya.

    Sebenarnya menyalin atau men-copy tulisan dari blog atau web yang dikunci atau diproteksi bisa dilakukan hanya dengan menggunakan hp android saja. Kita tidak harus memiliki laptop atau komputer untuk dapat melakukan hal tersebut.

    Silahkan ikuti panduan dibawah ini agar kalian bisa men-copy tulisan / teks dari web yang dikunci atau dari blog yang tidak bisa dicopy hanya dengan hp android.

    1. Buka browser yang kalian punya. Disini saya akan mencontohkan menggunakan Free Adblocker Browser (hampir sama dengan Chrome alias tidak beda jauh).
    2. Sekarang pergi ke pengaturan atau setelan browser. Biasanya terletak di ⋮
    3. Scroll kebawah dan klik Setelan situs > kemudian klik menu Javascript
    4. Terdapat dua opsi yang bisa kalian pilih. Opsi pertama adalah dengan mematikan javacript secara keseluruhan dengan cara mengklik menu atau tulisan Javascript-nya.
    5. Opsi kedua adalah dengan dengan menambahkan pengecualian situs. Klik tanda "+ Tambahkan pengecualian situs" > kemudian isi kolom dengan alamat blog atau web yang ingin dicopy teksnya.
    6. Opsi kedua ini lebih bagus karena tidak akan mematikan javacript di semua alamat blog atau website. Opsi kedua hanya akan mematikan javacript di web yang sudah dikecualikan.
    7. Kemudian kembali ke blog atau website yang ingin dicopy tulisannya dan lakukan refresh halaman ↻.
    8. Sekarang coba salin atau copy tulisan / teks yang ada di artikel yang kalian baca. Sekarang sudah bisa kan?

    Sebenarnya ada beberapa cara lainnya yang juga bisa kalian gunakan. Tetapi, cara-cara tersebut saya rasa cukup ribet dan banyak membuang waktu kalian. Jadi, cara yang saya bagikan ini adalah cara terbaik yang bisa digunakan.

    cara copy blog yang tidak bisa dicopy (laptop/komputer)

    Metode atau cara men-copy tulisan blog di android, cukup terbatas. Berbeda jika kalian menggunakan laptop atau komputer.

    Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi blog yang tidak bisa dicopy. Saya akan membagikan 4 cara yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan-nya.

    Saya harap, kalian mengerti dengan apa yang saya jelaskan dan dapat mempraktekkan-nya dengan baik.

    1. Menggunakan Ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy

    Metode menggunakan ekstensi atau alat tambahan yang di install adalah salah satu cara praktis dsn mudah jika di bandingkan dengan cara lainnya.

    Kalian hanya perlu menginstall ekstensi absolute enable right click di web store browser yang kalian gunakan, atau kalian bisa langsung ke web store browser dengan mengklik link dibawah ini.

    Google Chrome

    Mozilla Firefox

    Setelah menginstall-nya ikuti instruksi dari ekstensi (jika ada) dan silahkan kunjungi blog dan website yang ingin dicopy tulisannya.

    2. Mematikan Javascript di Browser

    Cara yang mudah dan tanpa mengharuskan menginstall ekstensi adalah dengan cara mematikan javascript pada browser.

    Dengan mematikan javacript, kita dapat menyalin atau men-copy tulisan dari blog yang kita kunjungi.

    # Browser Google Chrome

    1. Buka pengaturan atau settings pada browser chrome dengan cara mengklik ⋮ > Pengaturan atau Settings > Klik menu "Privacy and settings" > Kemudian klik "Site Settings"
    2. Klik Javascript kemudian matikan fitur javascript dengan cara mengklik tombol yang terdapat di tulisan "Allowed (recommended)" hingga dipastikan mati atau nonaktif.
    3. Jika tidak ingin mematikan javascript diseluruh halaman web yang kalian kunjungi, kalian juga bisa mematikan hanya beberapa web saja dengan cara klik "Add" dan memasukkan alamat atau url dari web yang dituju. Jika kalian sudah menambahkannya, kalian tidak perlu lagi menonaktifkan javascript seperti cara yang sebelumnya.

    # Mozilla Firefox

    1. Buka browser Firefox kalian
    2. Masukkan atau ketikkan about:config pada kolom address bar atau kolom pencarian browser
    3. Klik tombol I accept the risk yang muncul
    4. Sekarang masukkan atau ketikkan javascript.enabled pada kolom pencarian yang baru muncul
    5. Klik toggle atau klik dua kali pada hasil pencarian yang muncul (hasil pencarian javascript.enabled tadi). Jika value atau nilainya sudah berubah dari "true" menjadi "false" maka kalian berhasil mematikan javacript pada browser yang kalian punya
    6. Restart browser kalian atau tutup dan buka kembali browser firefox dan coba buka blog atau web yang tidak bisa dicopy tulisannya.
    7. Jika ingin mengaktifkannya kembali, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Tetapi, pastikan hasil dari javascript.enabled nya "true" bukan "false"

    3. Mengunjungi Versi AMP Website

    Sebelum kalian menggunakan cara ini. Perlu kalian ketahui, bahwa cara ini tidak bekerja untuk semua halaman web yang kalian kunjungi.

    Cara ini berlaku hanya untuk blog atau web yang memiliki halaman versi AMP (Accelerated Mobile Pages). Karena tidak semua pemilik web ingin mendaftarkan dan menggunakannya.

    Sedikit informasi untuk kalian yang belum mengetahuinya. Versi Amp dari web menonaktifkan beberapa kode javascript yang terdapat di web tersebut. Jadi, kemungkinan kalian bisa menyalin atau men-copy teks dari web tersebut.

    Alasannya sederhana, blog atau web yang tulisannya tidak bisa dicopy, pasti menggunakan script atau kode tertentu yang berhubungan dengan javascript secara langsung maupun tidak langsung.

    Karena cara ini sangat mudah untuk dicoba, jadi tidak ada salahnya jika kalian ingin mencobanya. Silahkan ikuti panduan dibawah ini agar dapat beralih dari web versi biasa ke versi AMP dan menyalin / men-copy teks dari artikel yang kalian kunjungi.

    1. Buka halaman blog atau web yang kalian ingin copy tulisannya
    2. Edit alamat url dari web yang kalian kunjungi tersebut dan tambahkan /amp di ujung atau akhir dari url / link halaman web. Misalnya, https://www.blogtrick.eu.org/hanya-contoh kemudian tambahkan /amp di ujung urlnya.
    3. Maka urlnya akan menjadi https://www.blogtrick.eu.org/hanya-contoh/amp

    4. Menggunakan Fitur Print Dialog Browser

    Selain menggunakan ketiga cara sebelumnya. Kita juga bisa memanfaatkan fitur print yang sudah tersedia di kebanyakan browser untuk menyalin atau men-copy teks dari artikel yang kita baca.

    Caranya ternyata sangat mudah, kita hanya perlu menekan dan menahan tombol CTRL + P atau klik kanan pada mouse > pilih cetak atau print atau klik strip tiga > pilih print atau cetak. Ini bertujuan untuk masuk ke dalam mode print halaman.

    Pada bagian preview, kalian hanya perlu menyalin atau men-copy tulisan yang muncul. Biasanya, tidak semua browser memperbolehkan penggunanya untuk menyalin teks melalui metode print ini.

    Jadi, jika cara ini tidak bekerja seperti panduan yang saya berikan. Kalian bisa mencoba dan menggunakan cara-cara sebelumnya.

    No comments:

    Post a Comment