Menghapus Data Aplikasi Apakah Berbahaya

Pernahkah kalian memikirkan tentang seberapa berbahayanya atau apa dampaknya jika kita menghapus data dari aplikasi yang kita gunakan?

Saya juga pernah memikirkan tentang ini, dan saya melakukan uji coba mandiri tentang masalah ini. Singkat cerita, hasil dari percobaan tersebut adalah bahwa sangat merugikan bagi kita untuk menghapus data dari aplikasi yang kita gunakan.

Kenapa merugikan?

Karena jika kita menghapus data aplikasi secara keseluruhan, maka semua data didalam aplikasi tersebut akan hilang!

Namun, jika kalian hanya menghapus cache dari aplikasinya, maka data yang terdapat didalam aplikasi tidak akan hilang. Sebenarnya bukan berbahaya untuk menghapus data dari aplikasi di hp android kita, melainkan dampaknya adalah kita akan kehilangan semua data (kecuali jika aplikasi menyediakan penyimpanan otomatis dan fitur yang sejenis).

HP kalian tidak akan meledak kok kalau menghapus data aplikasi. hehe... 😋

Saya juga merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul di pikiran atau beberapa pertanyaan yang memang kalian butuhkan dibawah ini.

apakah boleh menghapus aplikasi bawaan hp

Tentu saja ini diperbolehkan, tetapi dengan syarat tertentu, yaitu:

  1. Pastikan aplikasi yang ingin dihapus bukan aplikasi sistem
  2. Aplikasi yang ingin dihapus jarang atau tidak pernah lagi digunakan. Karena jika aplikasi ini masih beberapa kali anda gunakan, lebih baik dipikir ulang

apa yang terjadi jika menghapus aplikasi whatsapp

Terkadang, ada situasi dimana aplikasi whatsapp terhapus di daftar aplikasi smartphone kita. Entah itu di sengaja ataupun tidak disengaja, yang pasti hal ini sangat penting untuk kita perhatikan.

Karena data-data seperti riwayat chat, foto,video dan terkadang pesan yang kita kirim atau kita terima akan terhapus saat aplikasi whatsapp menghilang dari ponsel android kita. Untuk mengatasi hal ini terjadi, kalian bisa melakukan pencadangan chat, foto, dan video whatsapp.

Silahkan baca artikel kami tentang Cara Mencadangkan Chat Whatsapp. Di artikel tersebut, ada cara untuk mengatasi data-data penting kalian terhapus, yaitu dengan mencadangkannya.

apakah menghapus aplikasi whatsapp akan menghilangkan data

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, data seperti chat, file atau dokumen, foto, dan video kemungkinan akan ikut hilang atau terhapus saat kalian menghapus aplikasi whatsapp dari hp android.

bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

Untuk dapat menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, kalian perlu akses "Superuser" atau kalian sudah melakukan root pada hp android kalian.

Beberapa aplikasi dapat kalian nonaktifkan (bukan dihapus, artinya nanti bisa kalian aktifkan kembali) seperti aplikasi browser bawaan chrome atau aplikasi ter-party lainnya.

Jika kalian tidak ingin melakukan root di hp android yang kalian punya, mungkin karena resikonya yang tinggi atau karena alasan lainnya. Kita masih dapat menghapus atau lebih tepatnya menonaktifkan aplikasi bawaan dengan cara:

  1. Pergi ke pengaturan hp
  2. Cari dan buka Aplikasi manager atau yang sejenisnya (karena bisa berbeda-beda untuk setiap merek hp)
  3. Cari aplikasi yang sebelumnya tidak bisa kalian hapus
  4. Klik "Nonaktifkan". Maka kalian tidak akan melihat lagi aplikasi tersebut di launcher atau halaman aplikasi hp android
Tips

Jika ingin mengaktifkan kembali aplikasi yang sebelumnya sudah kalian Nonaktifkan, kalian bisa mencari aplikasi-nya di manager aplikasi dan menemukan aplikasi yang telah dinonaktifkan sebelumnya > kemudian klik "AKTIFKAN". Pergi ke daftar aplikasi di hp atau launcher hp dan cari aplikasi tersebut. Jika tidak ketemu, kalian dapat menggunakan fitur pencarian aplikasi yang umumnya tersedia untuk kebanyakan hp android.

bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

Kalian dapat mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghaspu aplikasi, dengan cara menghapus foto atau video yang terdapat di Galeri hp kalian. Kalian juga dapat menghapus file yang tidak penting di manager file jika kalian merasa ruang penyimpanan masih kurang lega.

Kalian juga dapat membersihkan sampah-sampah atau file berupa foto dan video dengan menggunakan aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan ruang penyimpanan seperti CCleaner, Nox Cleaner, SD Maid, All-In-One Toolbox, dan masih banyak lagi.

Kalian dapat mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store secara "gratis" alias tanpa perlu membayar (◕‿↼).

bagaimana cara mendownload aplikasi tanpa harus menghapus aplikasi lain

Biasanya ini kita lakukan jika semua aplikasi yang kita punya adalah aplikasi penting (atau tidak boleh dihapus karena alasan tertentu) dan sering kita gunakan.

Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti memindahkan beberapa aplikasi ke kartu memori atau sd-card, atau dengan cara menghapus file berupa foto dan video yang tidak terlalu penting bagi kita.

aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan hp

Sebelum saya membagikan beberapa daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan dan aplikasi yang kita install secara manual. Saya perlu memberitahu jika kalian ingin menghapus aplikasi bawaan, kalian harus terlebih dahulu melakukan root atau membuka akses superuser di hp android.

Jika kalian sudah melakukan root atau punya akses superuser, berikut adalah beberapa aplikasinya:

  1. System app remover
  2. SD Maid
  3. Uninstaller
  4. Root Uninstaller
  5. Easy Uninstaller App Uninstall

No comments:

Post a Comment