Cara Pasang Google Analytics Di Blogspot

Seorang pemilik web atau seorang blogger pastinya sangat memerlukan yang namanya data kunjungan dari web atau blog yang ia miliki. Dengan data kunjungan ini, seorang pemilik web akan mengetahui, perkembangan dari web dan rencana apa yang harus mereka lakukan kedepannya.

Data-data ini sangatlah penting, karena bukan hanya untuk melihat perkembangan dan menyusun rencana, namun juga sebagai penyemangat atau motivasi untuk terus memperbaiki konten dan kekurangan yang terdapat di web atau blog mereka miliki.

Umumnya seorang pemilik web atau blog akan menggunakan suatu tools atau alat yang memberikan data-data tersebut. Salah satu tools atau alat yang saya rekomendasikan adalah Google Analytics.

    Apa itu Google Analytics ?

    Google Analytics (GA) adalah salah satu alat atau fasilitas gratis yang disediakan google mulai tahun 2006 silam. Walaupun gratis, alat ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat bagi pemilik web atau blog.

    Google Analytics akan memberikan data tentang cara visitor atau pengunjung menemukan dan menggunakan situs kalian.

    Bahkan fasilitas ini juga dapat kalian manfaatkan untuk men-tracking atau melacak pengunjung dari suatu aplikasi yang kalian miliki (bukan hanya untuk web).

    Kegunaan google analytics

    Google Analytics berguna untuk menampilkan data statistik pengunjung dari website atau blog yang kalian miliki.

    Terdapat banyak data yang bisa kalian dapatkan dari Google Analytics, seperti laporan real time pengunjung, laporan audiens atau pengunjung dari waktu ke waktu termasuk rasio pengunjung lama dan pengunjung baru.

    Kalian juga bisa melihat rata-rata performa dari website atau blog anda. Misalnya berapa banyak tayangan halaman, waktu rata-rata pengunjung menghabiskan waktu di website atau blog anda.

    Selain itu, kalian juga bisa mengetahui beberapa informasi pengunjung, seperti perangkat yang digunakan, asal negara, berasal dari pencarian organik atau dari media sosial, dan masih banyak lagi data yang bisa kalian dapatkan.

    Kalian bisa mengorek atau mendalami lagi, fitur lama dan fitur baru, serta data apa saja yang terdapat didalam Google Analytics ini. Kita harus pintar-pintar untuk memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan Google ini.

    Cara Membuat Akun Google Analytics

    1. Buka situs Google Analytics di https://analytics.google.com/analytics/web/
    2. Masukkan akun google yang kalian punya untuk mendaftar, misalnya toni@gmail.com kemudian tekan Enter
    3. Masukkan juga password akun google kalian
    4. Setelah itu, klik mulai mulai mengukur
    5. Kemudian pada bagian Nama akun, isi nama web atau nama project kalian. Misalnya Data Google Analytics. Kalian juga boleh mengisinya dengan nama pribadi atau nama perusahaan
    6. Biarkan saja pada bagian yang sudah tercentang, kalian lanjutkan dengan mengeklik Berikutnya
    7. Isi dan sesuaikan "detail properti" dengan data yang kalian miliki. Nama properti kalian isi dengan nama blog. Kemudian atur juga zona waktu pelaporan ke waktu tempat kalian tinggal dan Mata uang, kalian bisa mengaturnya ke rupiah atau USD kemudian klik Berikutnya
    8. Selanjutnya, pada bagian ini kalian isi dengan detail bisnis dari website atau blog kalian. Lihat gambar dibawah ini sebagai contohnya. Kemudian klik Buat
    9. Centang pada bagian "saya juga menyetujui persyaratan dan pemrosesan data sebagaimana diwajibkan oleh GDPR". Kemudian klik tombol Saya Setuju
    10. Selesai

    Cara Pasang Google Analytics Di Blogspot

    1. Setelah selesai mendaftar, kalian akan melihat bagian pilih platfrom. pada bagian "pilih platfrom". Pilih yang Web, kemudian masukkan url dari website atau blog kalian pada "kolom URL situs" dan isi nama web atau blog pada bagian "Nama aliran data". Klik "Buat aliran data"
    2. Klik pada bagian "Lihat petunjuk tag"
    3. Geser ke bagian "instal secara manual" dengan cara mengeklik menunya. Salin atau copy kode tersebut
    4. Masuk ke dashboard Blogger kalian atau klik link ini
    5. Klik menu "Tema", kemudian klik tanda panah kebawah ▼, kemudian klik Edit HTML
    6. Cari kode <head> atau jika kalian menggunakan laptop / komputer. Klik CTRL + F kemudian pada kolom yang muncul, masukkan <head> kemudian tekan tombol Enter
    7. Pastekan kode tadi dibawah kode head dan tekan tombol save pada pojok kanan atas 💾

    Setelah itu, buka kembali akun google analytics kalian, dan tunggu beberapa menit atau beberapa jam, sampai semua data kunjungan pada website muncul

    Jika kalian menggunakan smartphone, download dan install aplikasi Google Analytics di Google Play Store atau App Store.

    Silahkan ajukan pertanyaan jika mengalami kendala atau masalah saat melakukan pemasangan kode google analytics ke tema atau template blogger kalian.

    No comments:

    Post a Comment