Cara Melihat Cadangan Whatsapp di Google Drive

Whatsapp adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi chatting yang tersedia di google play store dan app store.

Saat ini, whatsapp merupakan aplikasi berbagi pesan dan panggilan video gratis yang paling banyak digunakan. Terdapat lebih dari 5 miliar orang yang telah mengunduh aplikasi ini dan digunakan di lebih dari 180 negara.

Data merupakan informasi yang sangat penting untuk dijaga kerahasiannya dan keamanannya saat menggunakan aplikasi apapun termasuk whatsapp.

Anda dapat mem-backup atau mencadangkan data berupa histori chat, file, foto, dan video di whatsapp menggunakan google drive atau menggunakan penyimpanan lokal pada perangkat android atau iphone.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban yang mungkin anda butuhkan.

1. Hasil cadangan chat wa tersimpan dimana?

2. Kenapa chat wa tidak bisa dicadangkan?

3. Bagaimana cara mencadangkan chat wa ke google drive?

4. Bagaimana cara mencadangkan chat wa ke penyimpanan lokal 

    melihat cadangan whatsapp di penyimpanan lokal perangkat

    Selain mencadangkan chat whatsapp ke google drive, anda juga dapat mencadangkan chat, file, foto, serta video ke penyimpanan lokal perangkat android atau iphone.

    Anda dapat menemukan hasil pencadangan tersebut di aplikasi manager file (aplikasi untuk melihat file), kemudian cari folder bernama Whatsapp di penyimpanan lokal (jika tidak ada, cari di penyimpanan kartu sd) dan masuk ke folder Databases.

    Didalamnya terdapat file hasil pencadangan whatsapp, tentu saja anda tidak dapat membuka file-file tersebut karena sudah di format dan dienkripsi ke format file tertentu.

    Anda harus memulihkan cadangan whatsapp agar dapat melihat data-data berupa chat, file, foto serta video yang tersimpan pada file-file tersebut.

    Kenapa chat wa tidak bisa dicadangkan?

    Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus mengetahui langkah-langkah dalam mencadangkan chat dan data lainnya. Anda dapat membaca artikel tentang cara mencadangkan chat di whatsapp. Pada artikel tersebut, sudah saya jelaskan beberapa alasan yang memungkinkan chat, file, foto serta video tidak dapat dicadangkan.

    Bagaimana cara mencadangkan chat wa ke google drive?

    Anda dapat mencadangkan chat, file, foto dan video whatsapp ke google drive dengan cara membuka setelan atau pengaturan di aplikasi whatsapp yang terletak dipojok kanan atas dengan gambar titik 3 yang disimbolkan ⋮ kemudian pilih setelan.

    Setelah itu, pilih Chat kemudian cadangan chat dan pastikan akun google anda sudah terhubung dengan aplikasi whatsapp. Pada bagian Cadangkan ke Google Drive pilih Hanya ketika saya mengetuk "Cadangkan". Langkah terakhir adalah mengklik CADANGKAN agar proses pencadangan ke google drive dapat berjalan.

    Jika masih belum paham, anda dapat membaca artikel tentang cara mencadangkan chat whatsapp yang akan menjelaskan secara detail langkah-langkahnya beserta gambar agar dapat lebih mudah memahaminya.

    Bagaimana cara mencadangkan chat wa ke penyimpanan lokal

    Selain menggunakan google drive sebagai media penyimpanan data pencadangan whatsapp, anda juga dapat menggunakan penyimpanan lokal pada perangkat android atau iphone sebagai media untuk menyimpan data pencadangan whatsapp.

    Langkah pertama, buka setelan atau pengaturan pada aplikasi whatsapp (terletak dipojok kanan atas yang ditandai dengan titik 3 vertikal atau kebawah yang disimbolkan dengan ⋮ ) kemudian pilih setelan.

    Setelah itu, pilih menu Chat kemudian cadangan chat dan klik CADANGKAN. Cara ini lebih simpel jika dibandingkan dengan menggunakan google drive sebagai media penyimpanan data whatsapp, tetapi disisi lain juga memiliki kelemahan seperti tidak dapat memulihkan cadangan chat wa jika tidak menggunakan smartphone tempat anda menyimpan data pencadangan atau backup.

    Jika anda ingin memulihkan chat dan data whatsapp lainnya di hp atau smartphone baru menggunakan penyimpanan lokal. Anda dapat membaca artikel tentang cara memulihkan chat wa dari penyimpanan lokal.

    cara melihat cadangan whatsapp di google drive menggunakan aplikasi

    Melihat hasil cadangan chat whatsapp di google drive dapat dilakukan menggunakan aplikasi Google Drive yang tersedia di play store dan app store. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

    • Jika belum mempunyai aplikasi Google Drive, silahkan download di google play store atau app store
    • Setelah selesai men-download dan menginstall, buka aplikasinya
    • Klik menu strip 3 yang disimbolkan dengan ☰ dibagian pojok kiri atas
    • Pilih cadangan dan anda akan melihat hasil pencadangan whatsapp (umumnya terdapat nomor whatsapp pada nama filenya). Selain itu, anda juga dapat menghapus file hasil cadangan tersebut dengan mengklik ⋮ kemudian klik Hapus cadangan

    cara melihat cadangan whatsapp di google drive menggunakan laptop atau komputer

    Selain menggunakan aplikasi tersedia di smartphone, anda juga dapat melihat cadangan whatsapp tanpa menggunakan aplikasi google drive. Anda hanya perlu koneksi internet dan browser untuk menjelah internet. Anda dapat menggunakan browser apapun yang anda punya karena pada dasarnya cara ini berfungsi di hampir semua browser.

    Berikut ini langkah-langkahnya:

    • Buka browser anda
    • Salin dan tempel link ini https://drive.google.com kemudian login ke akun google drive anda yang sebelumnya sudah ada hasil cadangan whatsapp
    • Kemudian cari menu setelan yang ada pada gambar kemudian klik setelan
    • Klik pada menu Kelola Aplikasi dan scroll sampai anda menemukan "WhatsApp Messenger" yang merupakan hasil cadangan dari whatsapp
    • Anda juga dapat menghapus dan memutuskan hasil pencadangan dengan mengklik OPSI kemudian klik Putuskan dari Drive

    Silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah, jika ada yang belum dipahami dari penjelasan pada artikel ini.

    No comments:

    Post a Comment