Cara Buat Link WhatsApp

Whatsapp adalah aplikasi berbagi pesan dan panggilan video gratis yang sangat populer. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang tua menggunakan whatsapp sebagai aplikasi untuk berbagai pesan atau sering kali disebut chatting.

Selain untuk chatting, whatsapp juga digunakan oleh banyak orang untuk melakukan transaksi jual-beli. Biasanya, orang-orang yang menjual produk fisik dan produk digital menggunakan versi bisnis dari aplikasi whatsapp yaitu aplikasi Whatsapp Business.

Kebanyakan orang-orang jika ingin menghubungi orang lain harus menyimpan nomor kontak atau dapat langsung mengirim pesan jika ada di grup whatsapp yang sama.

Tentu ini cukup merepotkan bagi banyak orang, terutama untuk pelaku bisnis yang membutuhkan konsumennya agar dapat langsung mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor kontak penjual atau tanpa harus ada di grup yang sama.

Sebenarnya ada cara untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat menggunakan sebuah link atau tautan yang ditulis dengan format tertentu yang akan mengarahkan anda ke nomor whatsapp yang dituju.

    cara buat link whatsapp

    Anda dapat menggunakan link ini diberbagai platfrom media sosial seperti Facebook, instagram, tweeter, telegram, pinterest, snapchat dan lainnya atau di website seperti blog, forum, marketplace dan lainnya.

    • Buka aplikasi untuk mencatat seperti apliaksi catatan, notepad, atau jika tidak ada aplikasi seperti itu, anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengirim sms
    • Salin ini https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWA atau ini https://wa.me/NomorWA. Sebelumnya anda harus mengganti tulisan NomorWA dengan nomor whatsapp yang dituju. Lihat gambar dibawah sebagai contohnya
    • Simpan catatan atau pesan tersebut agar nanti anda dapat menggunakannya lagi dan hanya perlu mengganti nomor whatsapp-nya
    • Untuk menguji link tersebut anda dapat membuka aplikasi browser yang anda punya (chrome, firefox, opera, uc browser atau aplikasi browser lainnya) kemudian paste/tempel di kolom pencarian browser
    • Klik Lanjutkan ke Chat dan klik Oke jika ada jendela notifikasi
    • Maka anda sudah dapat mengobrol dengan nomor whatsapp yang dituju

    cara buat link whatsapp dengan teks

    Menggunakan link whatsapp yang sudah diatur agar dapat terhubung ke nomor tujuan sudah sangat membantu banyak pengguna whatsapp. Namun, sebenarnya itu tidak cukup.

    Biasanya pengguna whatsapp seperti penjual, pebisnis dan lainnya memerlukan cara agar konsumen atau klien-nya dapat langsung mengirim pesan tertentu.

    Sebenarnya ada cara yang memungkinkan pengguna whatsapp membuat link dengan pesan teks yang telah diatur sebelumnya.

    Anda dapat memanfaatkan cara ini untuk berbagai keperluan pribadi atau bisnis anda. Terdapat 2 cara untuk membuat link whatsapp dengan teks, cara pertama yaitu cara manual dan cara kedua yaitu cara buat link wa dengan pesan atau teks otomatis (menggunakan tools dari web).

    cara membuat link wa dengan pesan secara manual

    Jika anda menggunakan cara manual, anda perlu menambahkan format tertentu pada link Whatsapp yang sudah anda pelajari sebelumnya.

    Cara ini lebih memakan waktu dan kurang saya rekomendasikan karena cukup merepotkan jika teks/pesan yang ditulis cukup banyak dan panjang.

    Gunakan cara manual ini jika pesan yang anda atur pada link hanya sedikit atau pendek

    • Buka aplikasi untuk mencatat tulisan
    • Salin https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWA&text=TulisTeksDisini kemudian ganti NomorWA ke nomor yang dituju dan ganti TulisTeksDisini dengan teks atau pesan yang ingin anda tulis
    • Sebagai contoh akan terlihat seperti ini https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=Ini%20adalah%20teks
    • Gunakan %20 untuk memberikan spasi dan gunakan %0A untuk membuat baris baru
    • Anda dapat mencoba link whatsapp tersebut di browser yang anda punya
    • Jika anda mengunjungi link tersebut maka akan terlihat seperti ini

    cara membuat link wa dengan pesan secara otomatis

    Berbeda dengan cara manual, membuat link whatsapp dengan cara otomatis lebih efisien dan menghemat banyak waktu jika teks atau pesan anda lumayan banyak dan panjang.

    Tetapi anda juga perlu tahu, bahwa cara ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti link yang dihasilkan nanti tidak berasal dari subdomain whatsapp melainkan berasal dari web penyedianya.

    Namun biasanya pembeli, klien atau konsumen tidak terlalu mengkhawatirkannya walaupun pasti ada beberapa yang mencurigai link tersebut jika tidak berasal dari domain atau subdomain yang dimiliki pihak whatsapp.

    Jika anda khawatir pembeli, klien, atau konsumen anda tidak mau mengeklik link tersebut anda dapat menunjukkan caranya atau anda dapat menggunakan cara manual saja.

    Berikut ini langkah-langkahnya:

    • Buka website https://wa.wizard.id
    • Pilih kode +62 untuk kode negara indonesia
    • Ketik nomor whatsapp anda di kolom sebelahnya
    • Ketik pesan yang ingin anda sampaikan di kolom yang paling besar
    • Jika ingin memformat teks anda harus memilih blok kata atau karakter yang ingin diformat kemudian gunakan B untuk menebalkan, I untuk teks miring, dan S untuk teks yang dicoret
    • Klik GENERATE LINK dan klik COPY LINK untuk menyalin link tersebut
    • Terakhir anda hanya perlu membagikan link tersebut ke platfrom media sosial anda, platfrom video atau website lainnya

    cara membuat link wa di bitly

    Sebenarnya cara untuk membuat link wa menggunakan bitly hampir mirip dengan cara-cara sebelumnya. Anda hanya perlu menambahkan beberapa langkah untuk dapat merubah alamat domain default (api.whatsapp.com atau wa.me) ke alamat yang disediakan website bitly.

    Gunakan cara ini hanya ketika anda membutuhkannya (cara ini tidak berefek apapun dan "hanya akan mengubah alamat dari link").

    • Buka aplikasi browser kemudian ketik bitly.com
    • Tempel link whatsapp ke kolom shorten (baca cara buat link whatsapp jika belum tau caranya)
    • Klik Shorten kemudian klik Copy untuk menyalin link tersebut
    • Terakhir anda dapat menggunakan link tersebut untuk keperluan bisnis atau keperluan pribadi seperti menggunakan-nya di youtube atau platfrom media sosial dan lain-lain

    cara membuat link wa di ig menuju chat langsung

    Instagram memang merupakan salah satu platfrom media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

    Berkat kepopulerannya, banyak orang yang menjadikan instagram sebagai tempat untuk mencari pundi-pundi uang.

    Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari instagram salah satunya yaitu menjadikan instagram sebagai media untuk mencari klien, pembeli atau konsumen yang nantinya akan diarahkan ke platfrom lainnya melalui link yang telah diatur.

    Tentunya anda harus memiliki traffic (orang yang mengunjungi atau melihat akun dan postingan anda di instagram).

    Ada beberapa cara agar anda mendapatkan traffic di instagram yaitu dengan meningkatkan jumlah followers atau dengan menggunakan iklan. Mungkin saya akan membahas ini dilain waktu.

    Link atau tautan biasanya diatur di bagian bio atau postingan instagram untuk diarahkan ke website atau aplikasi tertentu misalnya diarahkan ke aplikasi whatsapp.

    Dengan memanfaatkan pengunjung atau traffic yang terdapat di instagram, anda dapat memandu klien, pembeli atau konsumen anda agar melakukan transaksi jual-beli dengan anda.

    Berikut ini adalah cara untuk menjadikan bio instagram sebagai media link tersebut:

    • Buka aplikasi untuk catatan. Anda boleh menggunakan aplikasi apa saja (yang terpenting bisa untuk mencatat sesuatu)
    • Salin https://wa.me/NomorWA. Anda harus merubah tulisan NomorWA dengan nomor WA anda
    • Buka aplikasi instagram kemudian pergi ke profil instagram anda
    • Klik Edit Profil
    • Paste link whatsapp tadi di bagian Website
    • Klik tanda ✓ jika sudah selesai
    • Anda dapat melihat hasilnya di bagian bio profil instagram anda

    No comments:

    Post a Comment